Rabu, 09 Februari 2011

Kerajinan dari Kabupaten Gianyar, Bali


Ini ada info bagus gan, yaitu jenis kerijanan yang terdapat di kabupaten Gianyar, dimana Kabupaten Gianyar terkenal Dengan sebutan Kota Seni. Jadi disini saya akan memaparkan beberapa kerajinan dari Gianyar,adalah sebagai beriktut :
1.  Kerajinan perak
Serangkaian Produk kerajinan dari perak telah banyak dilahirkan di BALI. Produk kerajinan perak tidak hanya menggunakan bahan dari perak saja tetapi juga telah dipadukan dengan bahan dari batu,permata, kayu,mutiara dan akhir-akhir ini juga memakai bahan dari cangkang mutiara dan kerang. Rangkaian potongan kerang dihias/dibingkai dengan perak yang berukir indah dengan style Bali.produk kerajinan perak sudah berkembang menjadi beraneka kreasi, tidak hanya dalam bentuk perhiasan, ada juga dalam bentik souvenir. Produk kerajinan perak:

1.      Cincin
2.      Kalung
3.      Bros
4.      Gelang
5.      Anting-anting
6.      Tusuk konde
7.      Bolpoin
8.      Bentuk binatang
a.       Kura-kura
b.      Capung
c.       kupu-kupu, dll.


2.   Patung Ukiran
Bali cepat menjadi terkenal akan ukiran kayunya yang menakjubkan sejak pencari “surga” berdatangan pada tahun 1920-an.banyak dari pencari “surga” ini adalah seniman ulung dan bersemangat membagi keterampilan mereka dengan seniman local.sebelum kedatangan mereka, patung kayu selalu diwarnai,kemudian perajin Bali belajar melihat keindahan dalam uarat alami kayu,mereka memanfaatkan hal tersebut agar menjadi efek unggulan pada kriya mereka. Dewi-dewi dan penari menjadi sugbyek favorit pada masa itu.

3.   Kipas Bali
Kipas Bali adalah salah satu kerajinan tangan di bali yang sangat unik serta memiliki nilai seni yang tinggi . Pembuatan Kipas dikerjakan oleh tangan-tangan trampil orang Bali, yang mana bahannya dipilih ada dari kayu Cendana, kombinasi dengan Kain dengan aneka warna dan tambahan pernik-pernik unik yang mempercantik penampilan kipas bali.

4.   Tenun Ikat
Tenun ikat adalah kriya tenun berupa kain yang ditenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelupkan ke dalam zat pewarna alami. Alat tenun yang dipakai adalah alat tenun bukan mesin. Kain ikat dapat dijahit untuk dijadikan pakaian dan perlengkapan busana, kain pelapis mebel, atau penghias interior rumah.

5.     Lukisan
Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan meletakkan pewarna "pigmen" cair dalam pelarut (atau medium) dan agen pengikat (lem) kepada permukaan (penyangga) seperti kertas, kanvas, atau dinding.

6.   DUPA
Dupa adalah sebuah material yang mengeluarkan bau. Dupa mengeluarkan asap ketika dibakar. Banyak upacara keagamaan menggunakan dupa. Dupa juga digunakan untuk pengobatan. Dupa ada dalam berbagai bentuk dan proses, namun, dupa dapat terbagi menjadi "pembakaran langsung" dan "pembakaran tidak langsung" tergantung bagaimana dupa digunakan

7.   TOPENG
Topeng adalah benda yang dipakai di atas wajah. Biasanya topeng dipakai untuk mengiringi musik kesenian daerah. Topeng di kesenian daerah umumnya untuk menghormati sesembahan atau memperjelas watak dalam mengiringi kesenian. Bentuk topeng bermacam-macam ada yang menggambarkan watak marah, ada yang menggambarkan lembut, dan adapula yang menggambarkan kebijaksanaan.

Sekian dulu info dari saya,semoga bermanfaat, tunggu info menarik lainya……

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar